Pemkab Gowa Terima 2.155 Vaksin dari Dinkes Sulsel

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa telah menerima 2.155 dosis vaksin covid-19 dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan (Sulsel). Sebelum, vaksin diterima, Dinkes Kabupaten Gowa sudah berinisiatif menyiapkan puluhan lemari pendingin sebagai tempat penyimpanan vaksin asal Tiongkok ini.

“Pendingin cold chain, refrigerator di Dinas Kesehatan (Kabupaten Gowa) ada 8 unit, kemudian di Puskesmas ada 28 unit,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Gaffar, di Gowa, Rabu, 6 Januari 2020, seperti dilansir dari Mediaindonesia.com.

Pihaknya juga sudah menyiapkan vaksinator di 26 puskesmas. Pelatihan vaksinator sudah dilaksanakan dari jauh-jauh hari, yakni sejak November 2020. 

Para vaksinator diklaim sudah ahli dalam bidangnya. Seperti misalnya, ada bidan desa yang sebelumnya sudah pernah menjadi vaksinator dalam program rutin. Tetapi, karena vaksin covid-19 ini baru, maka vaksinator harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu.

“Sisanya dipahamkan sedikit saja, karena tidak satu macam vaksin yang akan datang. Untuk tahap awal ini, Sinovac yang masuk,” ujarnya. 

Pada tahap pertama, tenaga kesehatan (nakes) di setiap kecamatan akan didahulukan untuk mendapatkan vaksin covid-19. Selanjutnya, vaksin baru diberikan kepada anggota TNI-Polri, petugas pelayanan publik, dan masyarakat.

Selain itu, ia berharap nantinya ada sosialiasi terkait vaksin kepada masyarakat agar pelaksanaan vaksin bisa berjalan dengan lancar. Apalagi masih ada masyarakat yang maragukan keamanan dari vaksin Sinovac itu.

“Saya melihat Sinovac ini bisa kita rekomendasikan karena dipandu langsung oleh Bio Farma dan diteliti di dalam negeri sebagai uji klinis III,” ucapnya.

Semoga vaksinasi di Kabupaten Gowa bisa berjalan dengan lancar ya teman-teman! Apalagi dilihat dari persiapannya, Pemkab Gowa sudah memikirkannya secara matang. Tinggal sosialisasi kepada masyarakatnya aja nih yang harus dikencangkan..
 



(SYI)

Berita Lainnya