Jelang Pendistribusian Vaksin, Dinkes Gowa Siapkan 34 Lemari Pendingin

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gowa berinisiatif menyiapkan 34 lemari pendingin sebagai tempat penyimpanan vaksin covid-19. Langkah ini sebagai salah satu upaya Dinkes Gowa dalam mendukung kegiatan vaksinasi yang direncanakan berlangsung pada pertengahan Januari 2021.

“Di Kabupaten Gowa, dari 26 puskesmas, semuanya sudah siap untuk menerima vaksin covid-19,” kata Kasi Surveilance dan Imunisasi Dinkes Gowa, Alimuddin, seperti dilansir dari Makassar.tribunnews.com.

Setiap puskesmas mendapatkan satu hingga dua lemari pendingin, bergantung dari jumlah sasaran yang akan divaksin. Kapasitas lemari pendingin juga bervariasi, yakni berkisar 150 hingga 500 dosis vaksin. 

Lemari pendingin itu sudah dilengkapi dengan pencatatan suhu. Mengacu dari standar World Health Organization (WHO), suhu penyimpanan vaksin adalah dua sampai delapan derajat Celcius.

“Tidak boleh kurang dari dua derajat Celcius dan tidak boleh lewat dari delapan derajat Celcius,” jelas Alimuddin.

Sebanyak 30 ribu dosis vaksin covid-19 buatan Sinovac akhirnya tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada Selasa, 5 Januari 2021 sekitar pukul 04.56 WITA. Kedatangan vaksin itu dikawal oleh ratusan aparat TNI-Polri.

Ribuan vaksin tersebut selanjutnya dibawa ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan. Pengantaran vaksin pun akan dikawal dengan menggunakan mobil barracuda.

“Kita telah menerima vaksin untuk Sulsel. Dari 66.640 dosis, kita telah menerima pada subuh ini 30.000 dosis. Ini tahap awal, nanti sisanya akan menyusul,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, Muh Ichsan Mustari, Selasa, 5 Januari 2021.



(SYI)

Berita Lainnya