Apakareba: Pernahkah Anda merasa stres atau merasa pikiran Anda buntu saat melakukan suatu pekerjaan terutama selama pandemi covid-19? Layaknya sebuah meja yang dipenuhi kertas penting, memo, atau potongan proyek yang berbeda-beda.
Anda ingin menemukan informasi tertentu, namun kekacauan di atas meja Anda mempersulit pekerjaan Anda. Sama seperti ketika pikiran yang tidak perlu malah menumpuk di otak Anda. Anda malah terus-terusan berada di dalam emosi yang tidak diinginkan.
Pencarian memori atau pikiran penting yang tidak membuahkan hasil dapat membuat Anda merasa bingung dan kewalahan. Jangan khawatir ketika pikiran Anda tidak bekerja semulus yang seharusnya, delapan tip ini mungkin akan berhasil, dilansir dari Healthline.
1. Melatih kesadaran diri
Melatih kesadaran diri menjadi salah satu cara yang dapat bermanfaat bagi Anda. Mulai dari peningkatan fokus pada apa yang terjadi di sekitar Anda.
Belajar fokus memperhatikan satu tugas pada satu waktu dapat membantu Anda melepaskan pikiran lainnya. Memang pikiran-pikiran itu masih ada di sana, namun tidak akan menganggu perhatian anda.
Salah satu cara meningkatkan fokus adalah dengan meditasi, terutama meditasi kesadaran. Ini dapat membantu meningkatkan kesadaran dan menghilangkan stres. Anda cukup duduk memikirkan pikiran yang menganggu, mengakuinya, dan melepaskannya.
2. Menuliskan keresahanmu
Kalau Anda merasa sangat stres dan tidak tahu apa yang menyebabkannya, anda bisa membuat sebuah jurnal keresahan. Keresahan yang ditulis dalam sebuah jurnal dapat membuat Anda lebih mudah mengetahui penyebab munculnya keresahan itu.
Sebuah penelitian menyebutkan menulis keresahan dapat membantu mengurangi pikiran yang menganggu. Hasilnya, memori kerja dan fungsi kognitif lainnya bisa beroperasi lebih lancar dan berpotensi menghilangkan stres pada saat bersamaan.
Terlebih, menuliskan perasaan Anda dalam sebuah jurnal sama seperti tindakan simbolis. Anda menaruh pikiran anda di atas sebuah kertas, Anda memindahkannya dari pikiran Anda.
3. Dengarkan musik
Musik menawarkan lebih dari sekadar pengalaman pendengaran yang menyenangkan. Musik dapat membantu meredakan stres, meningkatkan konsentrasi, memotivasi kemampuan otak untuk beradaptasi.
Anda yang sering mendengarkan musik saat sedang bekerja mungkin akan merasakan efeknya. Anda akan mudah menyelesaikan pekerjaan. Beberapa lagu pilihan bahkan dapat menyegarkan pikiran di sela-sela tugas atau memberikan rasa tenang saat Anda merasa cemas.
4. Tidur
Tidur malam yang nyenyak dapat menyegarkan Anda dari kelelahan secara fisik. Kecukupan waktu tidur dapat membantu melindungi diri dari kelelahan mental dan tekanan emosional.
Sebaliknya, tidur yang tak cukup akan menganggu kemampuan Anda untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan. Anda pun akan merasa lebih sulit mengingat informasi penting, bahkan mengatur emosi Anda.
Untuk mengatur ulang otak Anda untuk kinerja yang optimal pada siang hari, usahakan untuk tidur 7-9 jam setiap malam. Pasti sulit buat Anda untuk tidur saat pikiran yang menganggu terus berputar di otak Anda. Tapi tidur adalah salah satu cara menghilangkan kecemasan Anda.
5. Jalan-jalan
Jalan kaki di luar sendirian dengan pemandangan yang berbeda akan menjernihkan pikiran dan fokus Anda. Berdasarkan penelitian pada 2014, kreativitas dapat meningkat karena aktivitas jalan kaki.
Jalan kaki membantu ide mengalir lebih bebas, jadi jalan kaki harian yang teratur dapat membantu Anda mengatur ulang pikiran yang sama terus muncul kembali untuk mengalihkan perhatian Anda.
Berolahraga selama 20 atau 30 menit dapat membantu meningkatkan pengambilan keputusan. Bahkan dapat meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.
Cobalah dengan jalan cepat atau olahraga lainnya dalam rutinitas harian Anda. Olahraga akan membantu mengurangi stres.
6. Bersihkan lingkungan sekitar Anda
Bersih-bersih bisa jadi penawar dan pelarian yang sempurna dari tugas yang tidak menyenangkan atau sulit dilakukan. Pertimbangkan alasan Anda menunda-nunda pekerjaan. Mungkin Anda merasa buntu atau tidak yakin bagaimana memulainya.
Anda mungkin tidak menyadarinya tapi lingkungan sekitar bisa berdampak besar pada lingkungan mental Anda. Saat otak Anda terasa berantakan seperti meja Anda, Anda mungkin kesulitan berkonsentrasi atau menangkap ide yang Anda cari.
Menata kembali area kerja Anda dapat membantu Anda menyegarkan proses berpikir, tetapi juga dapat memakan banyak waktu. Sebaliknya, cobalah melakukan upaya rutin untuk menjaga kerapihan ruang kerja Anda untuk meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan alur kerja.
7. Berhenti fokus pada masalah
Cara terbaik untuk mengatasi masalah adalah dengan berhenti mencoba. Anggap saja, pikiran anda adalah tubuh anda. Tubuh Anda akan kesulitan berlari sepanjang hari tanpa istirahat kan? Otak Anda juga membutuhkan waktu istirahat.
Membiarkan otak Anda tidak fokus atau memberi kesempatan otak beristirahat akan baik bagi diri Anda. Misalnya, dengan tidur, berjalan kaki, bermimpi atau menggambar.
8. Curhat
Membicarakan perasaan Anda kepada seseorang yang Anda percaya akan membebaskan pikiran stres itu. Mengekspresikan perasaan yang menganggu secara lantang sering kali membantu meringankan ketegangan yang ditimbulkan.
Ketika pikiran tidak terlalu membebani Anda, mereka akan secara alami hilang dari kesadaran Anda. Sehingga, mendiskusikan masalah Anda kepada teman akan membantu Anda berpikir logis.
Sebab, Anda harus menjelaskan kepada teman apa yang menganggu Anda. Ini sering kali memungkinkan Anda mendapat perspektif baru tentang situasi yang sedang Anda lalui. Bahkan, mendapatkan solusi dari masalah Anda.
Itu delapan tips yang bisa Anda lakukan jika Anda merasa stres. Semoga membantu!
(CIA)