Curhat ke Ketua DPD RI, Raja Gowa: Tanpa Kerajaan Republik Ini Tak Akan Berdiri

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengunjungi Kerajaan Gowa, Sulawesi Selatan, pada Kamis, 27 Mei 2021. Kedatangan itu disambut langsung oleh Raja Gowa ke-38 Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Butara Gowa III. Dalam kesempatan itu, Raja Gowa mencurahkan hatinya ke LaNyalla terkait kerajaan di luar Pulau Jawa yang kurang mendapat perhatian.

"Mohon kerajaan-kerajaan yang ada jadi perhatian. Karena tanpa kerajaan, republik ini tidak akan berdiri. Kerajaanlah yang melawan penjajah pertama kali. Kemudian, kami serahkan nusantara kepada Presiden Soekarno. Tetapi, sekarang banyak raja di luar Jawa yang kurang diperhatikan," kata Raja Gowa saat menyambut kedatangan LaNyalla dan rombongan Senator dari DPD RI di Balla Lompoa, Kabupaten Gowa, Sulsel, Kamis, 27 Mei 2021, seperti dilansir dari Antara.

Para raja di Sulsel berharap dapat menyalurkan aspirasinya kepada pemerintah melalui DPD RI. Aspirasi ini dianggap penting untuk disalurkan agar mereka tidak lagi merasa 'dianaktirikan'.

"Semoga kehadiran Bapak Ketua dan rombongan DPD RI menjadi berkah bagi kami, agar bisa membina kerajaan di Gowa dan kerajaan-kerajaan lainnya di Sulsel," ujarnya.

Baca juga: Tak Kunjung Produksi, Bagaimana Kabar Tambang Emas di Luwu?

Selain itu, Raja Gowa juga mengingatkan kepada pemerintah, baik pusat maupun daerah, agar lebih memerhatikan kerajaan-kerajaan yang ada di Nusantara. Sebab, kerajaan merupakan salah satu warisan budaya yang harus dijaga.

"Dengan begitu Indonesia semakin disegani. Mudah-mudahan pertemuan ini membawa rahmat dan berkah," ucapnya.

Sementara itu, LaNyalla menegaskan komitmen DPD RI terjadap kelestarian kerajaan Nusantara. DPD RI disebut sudah berencana menggelar Festival Kerajaan Nusantara pada September di Sumedang.

"DPD RI berencana menggelar pertemuan Raja dan Sultan se-Nusantara di Jakarta. Tujuannya agar kepentingan dan eksistensi Kerajaan Nusantara tetap bertahan," kata LaNyalla.

Pihaknya akan selalu mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah agar memperhatikan, menghormati, dan melindungi Kerajaan Nusantara. Melalui kunjungan ini, ia berharap dapat memperoleh berbagai informasi langsung dari daerah dalam rangka penguatan peran  Kerajaan Nusantara.

"Sekaligus mempertegas peran DPD RI sebagai wakil daerah yang memiliki tugas untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan daerah di tingkat nasional," tutup mantan Ketua Umum PSSI tersebut.



(SYI)